Strategi Pencapaian
Strategi pencapaian terhadap tujuan dan sasaran strategis Program Studi Pendidikan Matematika :
Tujuan strategis 1 (T1), yakni menghasilkan lulusan yang berkualitas dan memiliki daya saing tinggi dalam pasar kerja, dapat dicapai dengan strategi sebagai berikut:
- Peninjauan dan revisi kurikulum Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia (KKNI) untuk menyesuaikannya dengan program MBKM yang ditetapkan oleh pemerintah, disesuaikan dengan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi, serta kebutuhan pasar kerja.
- Pembenahan pembelajaran dengan melibatkan pemecahan masalah, dan berpikir tingkat tinggi (higher order thinking skills)
- Merancang dan melaksanakan semester pendek.
- Pengoptimalan mekanisme pembimbingan studi dan penyelesaian tugas akhir mahasiswa.
- Mengoptimalkan kegiatan pengembangan minat, bakat, dan kreativitas mahasiswa.
Tujuan strategis 2 (T2), yakni meningkatkan kuantitas, kualifikasi akademik, dan kompetensi dosen dan tenaga kependidikan, dapat dicapai dengan strategi sebagai berikut:
- Rekruitmen calon dosen dengan kualifikasi akademik minimal S2 (Magister) dalam bidang pendidikan matematika, matematika, statistika, dan/atau computer.
- Fasilitasi studi lanjut (program Doktor) bagi dosen program studi.
- Fasilitasi pengembangan profesionalisme melalui pelatihan, workshop, lokakarya, magang, seminar ilmiah, dsb.
- Pendampingan bagi dosen muda
Tujuan strategis 3 (T3), yakni meningkatkan ketersediaan fasilitas pembelajaran dan optimalisasi pemanfaatannya, dapat dicaapai melalui strategi:
- Mengusulkan pengadaan fasilitas pembelajaran secara bertahap.
- Pengusulan hibah kompetisi yang relevan dengan penyediaan fasilitas pembelajaran.
Tujuan strategis 4 (T4), yakni meningkatkan kualitas pembelajaran, praktikum, dan ekstrakurikuler, dapat dicapai dengan strategi sebagai berikut:
- Pengembangan perangkat pembelajaran, termasuk bahan ajar untuk setiap mata kuliah
- Penerapan sistem pengawasan pelaksanaan pembelajaran oleh Gugus jaminan Mutu (GJM) dan Tim Koordinator Semester (TKS)
Tujuan strategis 5 (T5), yakni meningkatkan kuantitas dan kualitas penelitian pendidikan secara umum dan pendidikan matematika secara khusus, dapat dicapai dengan strategi sebagai berikut:
- Mendorong penyediaan anggaran penelitian di level Fakultas dan Program Studi.
- Mendorong dosen program studi untuk mengajukan usulan hibah penelitian baik di tingkat fakultas maupun hibap kompetisi Nasional.
- Membangun kerjasama dengan berbagai institusi baik di provinsi Maluku maupun di luar dalam bidang penelitian.
Tujuan strategis 6 (T6), yakni meningkatkan kuantitas dan kualitas pengabdian pada masyarakat dalam bidang pendidikan secara umum dan pendidikan matematika secara khusus, dapat dicapai dengan strategi sebagai berikut:
- Mendorong penyediaan anggaran pengabdian pada masyarakat di level Fakultas dan Program Studi.
- Mendorong dosen program studi untuk mengajukan usulan hibah pengabdian pada masyarakat.
- Membangun kerjasama dengan berbagai institusi dalam melaksanakan pengabdian pada masyarakat.
Tujuan strategis 7 (T7), yakni meningkatkan sistem manajemen dan kualitas layanan kepada mahasiswa dan stakeholder pendidikan yang terkait dengan PSPM, dapat dicapai dengan strategi, sebagai berikut:
- Penerapan prinsip-prinsip transparansi, akuntabilitas, dan partisipatif.
- Mengembangkan SOP pelayanan mahasiswa.
- Pengukuran indeks kepuasan mahasiswa dan melakukan tindak lanjut.
- Mengembangkan sistem data base berbasis IT.