

Pendaftaran
Ayo! Daftarkan diri kamu untuk asistensi mengajar pada Prodi Pendidikan Matematika, FKIP, Universitas Pattimura dengan mengklik tombol pendaftaran di bawah ini:
Persyaratan bagi mahasiswa program studi pendidikan matematika untuk dapat mengikuti kegiatan asistensi mengajar di satuan pendidikan adalah sebagai berikut:
Gambar 1. Tahapan Kegiatan Asistensi Mengajar
Tahapan kegiatan Asistensi Mengajar pada Satuan Pendidikan adalah sebagai berikut:
Kegiatan asistensi mengajar memberikan kesempatan bagi mahasiswa untuk mempraaktikan pengetahuan yang dimilikinya bagi pengembangan kompetensi siswa dan kualitas sekolah. Selain itu kegiatan ini juga memberikan kesempatan bagi mahasiswa untuk belajar dan mengembangkan dirinya melalui melalui interaksi dengan warga sekolah dan praktik sebagai seorang pendidik.
Melalui kegiatan asistensi mengajar dapat diharapkan mahasiswa akan memiliki kompetensi atau capaian pembelajaran yang akan memberikan pengalaman bagi tugas profesi pendidik nantinya. Adapun capaian pembelajaran yang diharapkan akan dicapai mahasiswa melalui kegiatan asistensi mengajar dimaksud adalah sebagai berikut.
Domain | Kode | Deskripsi Capaian Pembelajaran Lulusan |
---|---|---|
Sikap | AM-S1 | Menjunjung tinggi nilai kemanusiaan dalam menjalankan tugas profesi |
AM-S2 | Berkontribusi dalam menyelesaikan masalah-masalah sekolah dalam kaitan dengan pengembangan kompetensi peserta didik dan kualitas pendidikan | |
AM-S3 | Bertanggungjawab, disiplin, kerja keras, serta memiliki kemandirian belajar | |
AM-S4 | Menghargai keanekaragaman budaya, pandangan, agama, dan kepercayaan, serta pendapat orang lain | |
AM-S5 | Bekerja sama dan memiliki kepekaan sosial serta kepedulian terhadap masyarakat dan lingkungan | |
AM-S6 | Menginternalisasi nilai, norma, dan etika akademik | |
Pengetahuan | AM-P1 | Menganalisis model/pendekatan/strategi pembelajaran yang relevan dan efektif untuk pembelajaran matematika |
AM-P2 | Menguasai berbagai jenis dan teknik penilaian proses dan hasil belajar matematika | |
AM-P3 | Mengidentifikasi aspek budaya local masyarakat kepulauan dan mengintegrasikannya dalam pembelajaran matematika | |
AM-P4 | Mengenal lingkungan dan system pendidikan pada lingkup satuan pendidikan | |
AM-P5 | Mendeskripsikan berbagai aspek manajemen pada lingkup satuan pendidikan | |
AM-P6 | Menganalisis berbagai permasalahan pendidikan matematika pada wilayah kepulauan | |
AM-P7 | Mendeskripsikan berbagai aspek terkait metodologi penelitian kuantitatif | |
Keterampilan Khusus | AM-KK1 | Mampu mengembangkan perangkat pembelajaran matematika |
AM-KK2 | Mampu mengembangkan instrument penilaian proses dan hasil belajar matematika serta mampu menilai secara objektif | |
AM-KK3 | Mampu melaksanakan pembelajaran yang berpusat pada peserta didik dan berorientasi pada pengembangan kompetensi di abad 21 | |
AM-KK4 | Melakukan kajian terhadap berbagai masalah pendidikan di wilayah kepulauan, menyusun laporan hasil kajian, dan mempresentasikannya dalam forum seminar | |
AM-KK5 | Mampu merancang penelitian, melaksanakan penelitian, menyusun laporan hasil penelitian, dan mempublikasikan hasil penelitian | |
Keterampilan Umum | AM-KU1 | Mampu mengambil keputusan strategis dalam kaitan dengan tugas profesi pendidik |
AM-KU2 | Mampu mengelola sumber daya pendidikan matematika, organisasi, dan mengomunikasikan hasil pengelolaannya secara bertanggung jawab kepada pemangku kepentingan | |
AM-KU3 | Mampu menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, kreatif, dan inovatif dalam konteks pendidikan matematika secara khusus serta dalam karier dan kehidupan secara umum | |
AM-KU4 | Mampu menunjukkan kinerja mandiri, bermutu, dan terukur dalam bidang pendidikan matematika | |
AM-KU5 | Mampu berkomunikasi efektif dan bekerjasama secara kooperatif dalam menyelesaikan masalah pendidikan secara khusus dan dalam pengembangan masyarakat secara umum |