Ambon, — Program Studi Pendidikan Matematika Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Pattimura menggelar Rapat Pembentukan Tim Borang Reakreditasi sekaligus Rapat Evaluasi Akhir Semester pada Jumat, 19 September 2025, pukul 14.00–16.30 WIT bertempat di Ruang Baca Program Studi Pendidikan Matematika. Rapat ini dihadiri oleh dosen dan staf pengelola program studi (prodi) dengan agenda membahas sejumlah isu strategis bagi pengembangan prodi.




Agenda utama rapat meliputi persiapan akreditasi, evaluasi pelaksanaan perkuliahan semester genap 2024/2025, serta perancangan tridharma untuk semester gasal 2025/2026. Dalam pembahasan persiapan akreditasi, melalui Ketua Borang, Dr. Wa Ode Dahiana, M.Pd., forum menekankan strategi pemenuhan standar akreditasi terbaru, penguatan dokumen borang, serta pembagian tugas tim akreditasi prodi agar pelaksanaan lebih terarah. Tim khusus dibentuk dengan pembagian tanggung jawab yang jelas sesuai indikator penilaian akreditasi, sehingga proses reakreditasi dapat berlangsung efektif dan terukur.
Selanjutnya, rapat difokuskan pada evaluasi perkuliahan semester genap 2024/2025 yang mencakup capaian pembelajaran mahasiswa, kualitas proses belajar mengajar, kendala akademik yang dihadapi, serta tindak lanjut untuk peningkatan mutu yang dipimpin oleh Koordinator Program Studi Pendidikan Matematika, Darma A. Ngilawajan, M.Pd. Evaluasi ini menjadi bahan refleksi bersama untuk memastikan proses pembelajaran semakin berkualitas di semester berikutnya.
Agenda terakhir membahas perancangan tridharma perguruan tinggi dengan penekanan pada penguatan penelitian dosen, peningkatan kegiatan pengabdian kepada masyarakat, serta inovasi pembelajaran berbasis teknologi. Hal ini sejalan dengan upaya prodi dalam memperkuat integrasi tridharma dan menjawab tantangan pendidikan tinggi di era digital.
Melalui rapat ini, Program Studi Pendidikan Matematika FKIP Universitas Pattimura menegaskan komitmennya untuk terus meningkatkan kualitas akademik maupun non-akademik, memperkuat budaya mutu, dan memantapkan kesiapan dalam menghadapi proses reakreditasi mendatang.